Pertama kali, PAI memberi wawasan yang dalam perihal tuntunan Islam ke pelajar. Ini meliputi wawasan mengenai tuntunan dasar Islam mirip rukun iktikad (keyakinan ke Allah, malaikat-malaikat, kitab-kitab Allah, rasul-rasul Allah, dan hari kiamat) dan rukun Islam (syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji). Lewat evaluasi ini, pelajar ketahui begitu keutamaan kepercayaan dan praktik-praktik agama di kehidupan setiap hari mereka.
Ke-2 , PAI mengajari beberapa nilai kepribadian dan norma Islam. Islam mengajari menjadi pribadi yang jujur, amanah, dan bertanggungjawab. Pendidikan ini menolong pelajar ketahui keistimewaan dapat dipercaya individu, toleran, dan sikap hargai ketidaksamaan. Pelajar diberikan untuk menghargai seseorang tanpa melihat ketidaksamaan agama, suku, atau budaya.
Disamping itu, PAI berperanan ketika memajukan perilaku sosial dan kemanusiaan pelajar. Ide zakat, sedekah, dan perhatian sosial diberikan untuk menggerakkan pelajar jadi pribadi yang perduli pada kesejahteraan sosial dan membantu mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, pendidikan agama Islam tidak hanya mengenai wawasan teoritis, namun juga implementasi ringkas di kehidupan setiap hari.
PAI berperan selaku dasar untuk pembangunan tabiat yang berpengaruh dan kepimpinan kepribadian. Lewat penilaian ini, pelajar dilatih untuk hadapi rintangan dalam kehidupan dengan ketekunan, ketegasan, dan keberanian yang diilhami oleh tuntunan Islam. Mereka dituntun untuk menetapkan yang cantik dan akil sesuai beberapa nilai agama mereka.
Disamping itu, evaluasi PAI tidak terbatas pada faktor teoritis, namun juga meliputi acara ringkas di kehidupan saban hari. Contohnya, wawasan tentang norma perjuangan dalam Islam, hak-hak wanita dalam Islam, dan sudut pandang Islam pada desas-desus kontemporer seperti tehnologi dan lingkungan.
Pendidikan Agama Islam berperanan dikala membuat jati diri berkebangsaan yang berpengaruh. Di negara dengan sebagian besar Muslim seperti Indonesia, PAI membantu perkuat rasa berkebangsaan dan kebersamaan nasional melalui pengetahuan dan praktek bersama beberapa nilai Islam.
Dalam ringkasannya, pendidikan agama Islam ialah sisi yang integral dari kurikulum pendidikan yang bukan hanya sediakan pengetahuan mengenai agama, tetapi juga menciptakan watak, moralitas, dan kepimpinan pelajar. Keutamaan PAI dalam kerangka pendidikan kekinian tidak dapat diremehkan sebab andilnya ketika membuat langsung yang bermoral mulia, bertanggungjawab, dan perduli pada warga. Karena itu, investasi dalam penilaian PAI adalah investasi dalam masa datang yang lebih bagus untuk langsung dan warga keseluruhannya.
Berikut Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka PAI Sekolah Menengan Atas/MA Lengkap mampu dilihat pada daftar isu dibawah ini:
IKM PAI Kelas 10
- Capain Pembelajaran
- Alur Tujuan Pembelajaran
- Modul Ajar
- Program Semester
- Program Tahunan
- KKTP
- Buku Bahan Ajar
IKM PAI Kelas 11
- Capain Pembelajaran
- Alur Tujuan Pembelajaran
- Modul Ajar
- Program Semester
- Program Tahunan
- KKTP
- Buku Bahan Ajar
IKM PAI Kelas 12
- Capain Pembelajaran
- Alur Tujuan Pembelajaran
- Analisis Penilaian
- Pemetaan Tujuan Pembelajaran
- Modul Ajar Semester 1
- Modul Ajar Semester 2
- Program Semester
- Program Tahunan
- KKTP
- Daftar Kelas
- Daftar Nilai
- Jurnal Mengajar
- Buku Bahan Ajar
Lihat juga: