Scroll Untuk Lanjut Membaca
Kurikulum Merdeka Belajar Universitas Merdeka (KMBM) telah jadi tiang baru dalam prosedur pendidikan Indonesia, tawarkan pendekatan yang kreatif dan inklusif untuk lebih mengembangkan pendidikan di negara ini. Dalam kerangka ini, peranan Pendidikan Agama Nasrani (PAK) masih tetap berkaitan dan krusial, meskipun peralihan yang terjadi dalam susunan kurikulum.
Pendidikan Agama Katolik di Indonesia bukan cuma mempunyai tujuan untuk memberi wawasan perihal tuntunan agama Kristen ke pelajar, tapi juga untuk menciptakan watak dan beberapa nilai kepribadian yang sesuai tuntunan agama itu. Dalam KMBM, ada banyak desain dan implikasi yang bisa pertanda peranan PAK dalam kurikulum yang baru ini.
Pertama, KMBM memprioritaskan pada elastisitas dalam evaluasi, memungkinkannya sekolah untuk sesuaikan kurikulum dengan keperluan lokal dan abjad pelajar. Hal ini berlaku untuk PAK, di mana pendekatan evaluasi bisa disamakan kerangka sosial dan budaya daerah sekolah ada, sekalian masih tetap menjaga intisari pokok dari tuntunan agama Nasrani.
Ke-2 , KMBM memprioritaskan pada peningkatan ketrampilan dan kapabilitas holistik, tergolong aspek religius dan kepribadian. PAK dalam kerangka ini bukan hanya jadi perihal pengetahuan teoritis tentang tuntunan agama Kristen, tetapi juga perihal implementasi beberapa nilai kepribadian di kehidupan saban hari pelajar. Ini searah dengan tujuan PAK untuk menolong pelajar ketahui beberapa nilai mirip kasih, perdamaian, kejujuran, dan toleran.
Ke-3 , dalam KMBM, PAK diharap bisa berperan ketika menciptakan watak pelajar sebagai langsung yang bermoral mulia dan bertanggungjawab. Evaluasi bukan hanya terpusat pada wawasan konseptual, tapi juga pada implementasi beberapa nilai itu dalam perlakuan riil, baik di sekolah atau dalam warga.
Ke-4, lewat pendekatan KMBM yang mengutamakan pada penilaian sepanjang hayat dan kemandirian mencar ilmu, PAK diharap bisa memberi dasar religius yang berpengaruh untuk pelajar untuk senantiasa meningkatkan iman dan loyalitas mereka pada beberapa nilai Kristen di kehidupan mereka yang remaja kelak.
Akan namun, rintangan yang mungkin ditemui dalam implikasi PAK dalam KMBM termasuk tentukan jika pendidikan agama Katolik masih tetap berkaitan dan mempesona untuk pelajar di tengah-tengah berbagai ragamnya ketertarikan dan background mereka. Pemakaian tehnologi dan pendekatan evaluasi yang inovatif bisa jadi kunci ketika jaga agar PAK masih tetap memiliki daya saing dan mempunyai makna untuk angkatan muda Indonesia.
Keseluruhannya, Pendidikan Agama Nasrani dalam Kurikulum Merdeka Belajar Universitas Merdeka tawarkan kesempatan untuk perkuat dasar kepribadian dan religius pelajar Indonesia, sekalian mengikuti keadaan permintaan jaman. Lewat pendekatan yang terpadu dan inklusif, PAK mampu terus berperanan selaku salah satunya pilar ketika membuat tabiat pelajar Indonesia menjadi masyarakat negara yang memiliki daya saing global dan bermoral mulia.
Berikut Kumpulan Perangkat Kurikulum Merdeka PAK Lengkap mampu dilihat pada daftar isu dibawah ini:
IKM PAK Kelas 1
IKM PAK Kelas 2
IKM PAK Kelas 3
Baca juga: